Jul 20, 2018

Strategi Penetapan Harga Produk

Menetapkan harga produk adalah hal yang sangat penting, karena jika harga produk terlalu mahal dapat mengakibatkan produk menjadi kurang laku, dan sebaliknya bila menjual terlalu murah, keuntungan yang didapat menjadi kecil atau berkurang.


Harus ada kecermatan dalam menetapkan harga produk, yaitu dengan mempertimbangkan keseimbangan antara keuntungan produsen dan penjual dengan pemberian manfaat dan kepuasan kepada pelanggan. 
Salah dalam menentukan strategi penetapan harga produk yang digunakan bisa memberikan dampak yang sangat fatal kepada kelangsungan hidup produk dan perusahaan.


Berikut beberapa strategi penetapan harga produk yang sering diaplikasikan:
  • Strategi Penentuan Harga Produk - Produk Baru
    • Skimming Price, adalah menetapkan harga yang tinggi diawal produk keluar atau ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus diturunkan harganya.
    • Penetration Price. Strategi harga penetrasi ini adalah menentukan harga awal yang sangat rendah, serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat, besar dan juga membangun loyalitas merek produk dari pada konsumen
  • Strategi Penentuan Harga Produk - Psikologis Konsumen
    • Prestige Pricing. Strategi harga prestisius adalah menetapkan harga yang cukup tinggi demi membentuk image akan kualitas produk yang tinggi yang umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty yang premium.
    • Odd Pricing. Strategi harga ganjil adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah
    • Multiple-Unit Pricing. Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah tertentu atau pembelian dalam jumlah yang banyak.
    • Price Lining. Strategi harga lini adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang beda.
    • Leader Pricing. Strategi harga leader adalah menetapkan harga lebih rendah dari pada harga pasar/ harga umum / harga normal untuk meningkatkan total penjualan per konsumen.
  • Strategi Penentuan Harga Diskon atau Potongan Harga
    • Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga dari harga yang sudah ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk / barang atau jasa. 
    • Diskon dapat diberikan pada umumnya dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai atau cash, trade discount.


No comments:

Post a Comment