May 13, 2018

Segmentasi, Cara Membagi Pasar


Sebagai pemasar pasti kita sudah sangat paham dengan istilah segmentasi, karena hampir tiap hari segmentasi adalah bagian dari aktivitas kita, pun dalam menyusun semua program pemasaran kita pasti selalu berdasar pada segmentasi ini.

Apa sebenarnya segmentasi ini?

Scara sederhana segmentasi adalah cara membagi pasar berdasar ciri-ciri tertentu, atau mengelompokan pasar berdasar ciri-ciri tertentu.

Ada beberapa segmentasi seperti

Segmentasi atas dasar Geografis

Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi pasar kedalam unit-unit geografis seperti negara, propinsi, kabupaten. kota, desa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini perusahaan akan beroperasi disemua segmen, akan tetapi, harus memperhatikan perbedaan kebutuhan dan selera yang ada dimasing-masing daerah.

Contoh :
Segmentasi berdasar daerah atau geografi, maka pasar / area kita kelompokan berdasar lokasi geografis tersebut, untuk Jawa, akan menjadi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa barat dst.

Untuk Jawa Timur akan menjadi:
Surabaya dan sekitarnya, Malang dan sekitarnya, Jember dan sekitar, dst. Dimana hal ini tergantung dari Jatim mau dibagi menjadi berapa kelompok. Biasanya 5 segment area, yaitu dengan titik pusat Surabaya, Malang, Jember, Madiun, Kediri dan Probolinggo.

Segmentasi atas dasar Demografis

Segmentasi pasar ini dapat dilakukan dengan cara memisahkan pasar kedalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel-variabel demografis, seperti umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, agama, pendidikan, pekerjaan, dan lannya

Contoh :
Membagi pasar menjadi beberapa kelompok umur, yaitu untuk usia remaja (14 s/d 18 tahun), pra dewasa (19 s/d 25 tahun), dewasa (26 s/d 35 tahun) matang ( 36 s/d 50 tahun)

Segmentasi atas dasar psychografis

Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi-bagi konsumen kedalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, berbagai ciri kepribadian, motif pembelian, dan lain-lain

Contoh :
Berdasar gaya hidup, kelompok adventurer, bagi mereka yang suka bepetualang dialam bebas, kelompok traveler, bagi mereka yang suka bepergian, kelompok lainnya yang disesuaikan dengan gaya hidup mereka.

Gunanya apa segmentasi ini?
Segmentasi ini sangat berguna untuk melihat pasar berdasar kesamaan tersebut, untuk kemuadian kita sebagai marketer bisa melakukan pemasaran dengan lebih fokus ke segmen tertentu tersebut.
Termasuk bagaimana membuat program-program pemasaran untuk segmen yang kita tuju tersebut.



No comments:

Post a Comment