Promosi adalah komponen pemasaran yang sangat penting karena dapat meningkatkan pengenalan merek dan penjualan. Promosi terdiri dari berbagai elemen seperti:
1. Sales Promotion (Promosi penjualan)
2. Public Relation (Hubungan Masyarakat)
3. Advertising (Iklan)
4. Event Marketing (Pemasaran melalui serangkaian Acara)
Marketing mix - promotion, adalah bagian dari bauran pemasaran 4P (marketing mix 4Ps) yang sangat terkenal dan sebagai dasar dalam pembentukan sebuah strategi pemasaran.
Itulah sebabnya betapa pentingnya untuk memahami konsep bauran pemasaran 4P tersebut, untuk bisa menciptakan dan mengevaluasi program pemasaran perusahaan.
Sales Promotion
Promosi penjualan aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara langsung, biasanya dalam bentuk promosi ke pedagang (trade promotion) atau promosi yang mengarah langsung ke konsumen (consumer promotion).
Advertising (Iklan)
Iklan biasanya mencakup metode komunikasi yang dibayar seperti iklan televisi, iklan radio, media cetak, dan iklan internet. Di zaman sekarang, tampaknya ada pergeseran dalam fokus offline ke dunia online.Public Relation (Hubungan Masyrakat)
Hubungan masyarakat, di sisi lain, adalah komunikasi yang biasanya tidak dibayar. Ini termasuk siaran pers, pameran, penawaran sponsor, seminar, konferensi, dan acara.Word of mouth juga merupakan jenis promosi produk. Dari mulut ke mulut adalah komunikasi informal tentang manfaat produk oleh pelanggan yang puas dan individu biasa.
Staf penjualan memainkan peran yang sangat penting dalam hubungan masyarakat dan dari mulut ke mulut.
Penting untuk tidak mengambil ini secara harfiah, Word of mouth juga bisa beredar di internet, dikenal dengan nama viral
.
Diperkaya secara efektif dan memiliki potensi untuk menjadi salah satu aset paling berharga yang Anda miliki dalam meningkatkan laba online Anda.
Contoh yang sangat bagus dari ini adalah media sosial online dan mengelola kehadiran media sosial online perusahaan.
Event Marketing (Pemasaran Acara)
Bentuk aktivitas pemsaran yang menggunakan serangkaian acara / even sebagai basis pemasaran, seperti mengenalkan produk (baru / lama), mengaktivasi merek produk, dan lain-lain.Pemasaran melalui serangkaian acara / pemasaran even ini banyak diminati oleh perusahaan karena sifatnya yang mengedukasi dan memberi pengalamana kepada konsumen akan sebuah merek produk.
Kekurangan bentuk promosi ini hanya pada jangkauan / reaching yang bersifat lokal, dan harus digabungkan dengan media lain semisal televisi, internet, print ad untuk mendapatkan exposure yang lebih besar.
Dalam menciptakan strategi promosi produk yang efektif, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Bagaimana Anda bisa mengirim pesan pemasaran ke pembeli potensial Anda?
- Kapan waktu terbaik untuk mempromosikan produk Anda?
- Apakah Anda akan menjangkau pemirsa dan pembeli potensial Anda melalui iklan televisi?
- Apakah sebaiknya menggunakan media sosial dalam mempromosikan produk?
- Apa strategi promosi pesaing Anda?
Salam suksesss . . .
No comments:
Post a Comment