SEGMENTASI PASAR
Segmentasi adalah aktivitas untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok konsumen, di mana setiap kelompok memiliki kebutuhan, karakterisitik, pola konsumsi dan cara pandang yang berbeda dengan kelompok yang lain terhadap produk dan bauran pemasaran.
Bisa juga dikatakan bahwa segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan penganalisisan konsumen dalam satu pasar produk.
Untuk membuat atau menetapkan segementasi pasar, ada beberapa faktor yang menjadii dasarnya, yaitu : (dasar-dasar segmentasi pasar untuk pasar konsumer)
- Faktor geografis, ini adalah segmentasi dasar dan yang paling tua, yaitu membagi pasar berdasar wilayah geografi, seperti :
- Kota, kecamatan, desa / kelurahan
- Urban, rural
- Tingkat kepadatan penduduk dll.
- Faktor demografis, model ini yang paling banyak diterapkan, karena sudah cukup bisa mewakili kondisi konsumen secara dasar.
- Berdasar usia
- Siklus hidup
- Pendapatan
- Pendidikan
- dan lain-lain
- Faktor psikologis, berdasar kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.
- Faktor perilaku konsumen dalam pembelian, seperti tingkat sesitifitas harga, orientasi terhadap kualitas, dan lain-lain
Persyaratan Segmentasi Pasar
Ada beberapa persyaratan agar segmentasi dapat terapkan dengan tepat, yaitu :
- harus dapat diukur
- harus dapat dicapai
- pasar harus cukup besar dan memberi keuntungan yang cukup
- harus dapat dibedakan dengan jelas
Tingkat Segmentasi Pasar
Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
Pemasaran massal
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.
Pemasaran mikro
Pemasaran mikro
Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Manfaat Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar yang efektif akan memberikan manfaat, seperti :
- Pihak produsen (principal) akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
- Pihak produsen (principal) dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
- Pihak produsen (principal) dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
No comments:
Post a Comment