Apr 16, 2018

Bauran Pemasaran - Produk

Sebuah produk atau barang yang dibangun atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu.

Bauran pemasaran produk ini merupakan elemen dari Bauran Pemasaran 4P atau marketing mix 4P yang merupakan alat pemasaran yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para pemasr dan pebisnis untuk merumuskan strategi pemasarannya.

Dimana produk dapat berwujud (tangible) seperti barang pada umumnya atau tidak berwujud nyata (intangible) seperti jasa / layanan atau barang yang tidak nyata.

Perusahaan Anda harus memilih untuk memiliki jenis produk tertentu yang tepat, yang sesuai yang diminati untuk pasar yang menjadi segmen dan target produk perusahaan Anda.

Jadi selama fase pengembangan produk, pemasar wajib untuk melakukan riset ekstensif tentang siklus hidup produk yang mereka ciptakan.


Suatu produk memiliki siklus hidup tertentu yang meliputi fase kelahiran (saat launching), fase pertumbuhan (growth), fase kematangan maturity), dan fase penurunan (decline) penjualan.

Penting bagi pemasar dan businer owner untuk menemukan / menciptakan kembali produk mereka guna merangsang / menstimulir lebih banyak permintaan setelah produk mencapai fase penurunan penjualan sebelum produk benar-benar mati.

Pemasar juga harus menciptakan bauran produk yang tepat, dan mungkin akan bijaksana untuk memperluas bauran produk Anda saat ini dengan mendiversifikasi dan meningkatkan kedalaman lini produk Anda.

Secara keseluruhan, paraktisi pemasaran harus bertanya pada diri mereka sendiri dengan pertanyaan "apa yang dapat saya lakukan untuk menawarkan dan memberikan produk yang lebih baik kepada kelompok segmen dan target konsumen produk perusahaan saya daripada kompetitor saya".

Dalam mengembangkan produk yang tepat, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang diinginkan pelanggan / konsumen / klien dari layanan atau produk Anda ?
  • Bagaimana konsumen / pelanggan akan menggunakannya produk tersebut ?
  • Di mana konsumen / pelanggan / klien akan menggunakannya?
  • Fitur apa saja yang harus dimiliki produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen / pelanggan / klien?
  • Adakah fitur-fitur penting yang Anda lewatkan?
  • Apakah Anda membuat fitur yang tidak dibutuhkan oleh pelanggan / konsumen / klien?
  • Apa nama merek produknya?
  • Apakah nama tersebut menarik?
  • Berapa ukuran atau warna yang tersedia?
  • Bagaimana produk berbeda / dibedakan dari produk pesaing Anda?
  • Seperti apa produk itu?
  • dan sebagainya.


Sukses selalu. . .

No comments:

Post a Comment