Price (harga) juga merupakan komponen yang sangat penting dari rencana pemasaran karena harga menentukan keuntungan dan kelangsungan hidup perusahaan Anda.
Menyesuaikan harga produk memiliki dampak besar pada keseluruhan strategi pemasaran serta sangat mempengaruhi penjualan dan permintaan produk.
Masalah harga pada dasarnya adalah area yang sensitif, karena jika sebuah perusahaan baru di pasar dan belum memiliki brand awarenes yang cukup, tidak mungkin target pasar Anda akan bersedia membayar dengan harga tinggi.
Meskipun mereka mungkin bersedia membeli produk tsb di masa depan, saat produk sudah terkenal dan banyak diminati konsumen, tetapi untuk saat awal sebuah produk lahir, pasti lebih sulit untuk membuat mereka membayar dengan harga yang tinggi..
Penentuan harga selalu membantu membentuk persepsi produk Anda di mata konsumen. Selalu ingat bahwa harga rendah biasanya berarti barang inferior di mata konsumen karena mereka membandingkan barang Anda dengan pesaing.
Akibatnya, harga yang terlalu tinggi akan membuat biaya lebih besar daripada manfaat di mata pelanggan, dan oleh karena itu mereka akan menghargai uang mereka atas produk Anda. Pastikan untuk memeriksa harga pesaing dan harga yang sesuai.
Saat menetapkan harga produk, pemasar harus mempertimbangkan nilai yang dipersepsikan bahwa produk tersebut menawarkan. Ada tiga strategi penetapan harga utama, dan ini adalah:
- Penetapan harga pasar
- Harga skimming market
- Harga netral
Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika Anda menetapkan harga produk:
- Berapa biayanya untuk menghasilkan produk?
- Apa nilai produk yang dirasakan pelanggan?
- Apakah Anda berpikir bahwa sedikit penurunan harga dapat secara signifikan meningkatkan pangsa pasar Anda?
- Dapatkah harga produk saat ini mengikuti harga pesaing produk?
Salam suksesss . . .
No comments:
Post a Comment