Bauran pemasaran 4P sesuai namanya memiliki 4 elemen, yaitu product (produk), price (harga), place (distribusi / penempatan) dan promotion (promosi).
Elemen Bauran Pemasaran Product
Product atau produk disini yang dimaksud adalah barang (goods), sesuatu yang bisa dilihat, diraba, bersifat nyata istilahnya tangible product dan jasa (service), sesuatu yang tidak nyata, tidak bisa dilihat dan tidak bisa dirasakan, karena bukan benda atau istilahnya intangible product.contoh produk dalam bentuk barang sangat banyak, seperti komputer, handphone, mobil, roti, kue, rumah, sepeda motor, buku dan lainya.
contoh untuk produk dalam bentuk jasa adalah semua pelayanan yang diberikan perusahaan, seperti jasa pengiriman, jasa pangkas rambut, jasa pijat dan lainnya.
Elemen ini menekankan, dalam membuat atau memproduksi produk, hendaknya melengkapi dengan atribut-atribut yang dibutuhkan oleh konsumen.
Elemen Bauran Pemasaran Price
Price atau harga adalah biaya untuk memproduksi dan menyediakan produk tersebut sampai ketangan konsumen atau sampai produk tersebut dikonsumsi oleh konsumen.Elemen ini memicarakan pentingnya faktor menetapkan harga, mulai dari menetapkan harga pokok, harga pokok penjualan / harga penjualan dan menetapkan struktur harga di berbagai saluran distribusi.
Elemen harga juga membicarakan faktor diskon, rabat dan semua hal yang berpengaruh terhadap harga produk.
Elemen Bauran Pemasaran Place
Place atau penempatan atau distribusi memiliki arti bagaimana produk barang dan jasa bisa berada di tangan konsumen, bisa dinikmati konsumen, tanpa konsumen kesulitan untuk mendapatkanya.Elemen ini membicarakan saluran distribusi apa saja yang harus dilewati, bagaimana melewati dan apa yang harus dikerjakan dalam melewati tiap saluran tersebut.
Elemen place sangat penting, terutama jika bentuk bisnis nya adalah barang yang bersifat konsumer, yang banyak dibutuhkan oleh konsumen, maka faktor place ini sangat menentukan keberhasilan proses pemasaran yang dilakukan.
Elemen Bauran Pemasaran Promotion
Elemen ini sengaja ditaruh diakhir, dan memang hanya akan digunakan jika kondisi memaksa menggunakan elemen promosi ini.Tidak semua barang harus menggunakan elemen promosi ini, meski produk tersebut mengalami proses promosi atau promosi oleh produk itu sendiri.
Hal ini bisa terjadi saat kondisi persaingan sangat kecil, atau tingkat kompetisi yang rendah sehingga kebutuhan akan produk menjadi tinggi, maka akan banyak konsumen yang saling merekomendasikan letak / tempat penjualan dan harga produk tersebut, nah artinya bukan perusahaan yang berpromosi.
Namun seringkali karena kondisi persaingan yang cukup ketat, maka produk perlu dipromosikan agar lebih dikenal oleh konsumen.
Bauran pemasaran 4p ini ini telah berkembang dari masa ke masa, dan mengalami beberapa perubahan, penambahan dan evolusi yang disesuaikan dengan fokus dan kondisi saat ini.
Itulah sebabnya sangat penting untuk memahami konsep bauran pemasaran 4p ini, agar pemasar bisa mengaplikasikannya dalam menyusun strategi pemasaran perusahaan dengan baik, termasuk mengaplikasikan model terbaru dari bauran pemasaran ini.
Akhirnya selamat merumuskan strategi bauran pemasaran Anda
No comments:
Post a Comment